Akademi Manajemen Informatika

Majapahit Teknologi – Apabila Anda adalah pebisnis atau pengusaha. Anda harus memastikan terlebih dahulu mengenai Analisis SWOT yang tentu saja sangat bepengaruh pada bisnis Anda. Lampau, apa itu analisis swot?

Apabila memang Mau mengembangkan bisnis Anda lebih jauh, maka jawaban yang Niscaya adalah dengan menggunakan metode analisis swot. Berikut ini adalah penjelesan mengenai analisis swot dimulai dari pengertian, manfaat, strategi dan lain sebagainya.

Pengertian Analisis SWOT

apa itu analisis SWOT? Analisis SWOT adalah sebuah teknik analisa yang ditujukan Buat mengevaluasi kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), Kesempatan (Opportunities) dan acaman (Threats).

Perlu diketahui bahwa teknik sering kali diterapkan dalam suatu Perusahaan atau organisasi secara Lazim, begitupun dengan proyek tertentu.

Selain itu, teknik ini juga sangat Terkenal dikalangan konsultan bisnis seperti Albert Humphrey yang telah menggunakan teknik ini pada tahun 1960 & 1970 yang pada masa itu digunakan Buat menganalisis Perusahaan dalam daftar Fortune 500.

Kemudian, analisis SWOT sudah Lazim digunakan Buat menganalisa perkembangan Perusahaan dan sebagai tolak ukur keberhasilannya. Sedangkan Apabila didalam proyek tertentu, analisis SWOT telah digunakan Buat mengetahui seberapa Bagus kinerja yang telah dilaksanakan.

Apabila Anda sudah melaksanakan analisis SWOT, maka Anda akan belajar mengenai strategi terbaik Buat Pandai memprioritaskan pekerjaan yang memang ANda lakukan Buat dapat mengembangkan bisnis.

Manfaat Analisis SWOT

Dengan menggunakan SWOT, Anda akan mendapatkan sejuta manfaat yang akan Anda rasakan Buat dapat mencapai suatu tujuan yang tentu saja mempertimbangkan internal dan eksternal.

Mengapa? Karena pada strategi ini, Anda Kagak akan berfokus pada Untung dan Anda Pandai menerapkannya Buat organisasi nonprofit atau lembaga pemerintahan.

Selebihnya Anda Pandai Menyaksikan manfaat yang akan Anda rasakan, sebagai berikut:

  • Menganalisis kondisi internal & external lembaga.
  • Dapat mengetahui sejauh mana diri Anda berada di lingkungan.
  • Mengetahui posisi sebuah lembaga.
  • Menyelidiki kemampuan Perusahaan dalam menjalankan bisnisnya dengan para kompetitor.
  • Mendapatkan informasi kondisi internal & external Perusahaan.
Baca Juga:  Tantangan Memulai Bisnis E-Commerce & Metode Mengatasinya

Tujuan SWOT

Pembahasan berikutnya adalah mengenai tujuan dari SWOT itu sendiri. SWOT Mempunyai tujuan Buat mengetahui kekuatan, kelemahan, Kesempatan Tamat dengan ancaman di suatu Perusahaan atau lembaga.

Selain daripada itu, analisis SWOT Pandai menggambarkan dan menunjukan kepada Anda seperti situasi yang sedang dihadapi atau bahkan yang nantinya akan dihadapi secara langsung oleh Perusahaan.

Komponen Analisis SWOT

apa itu analisis swot dan manfaatnya

SWOT merupakan singkatan dari Strengths, weaknesses, Opportunities, dan Threats yang Mempunyai Arti yang berbeda dari masing-masing komponen tersebut.

Lampau, apa Arti dari masing-masing komponen analisis SWOT tersebut? Simak ulasan berikut.

Elemen Internal

Komponen analisis SWOT secara Elemen internal meliputi dari berbagai hal seperti pemasran, keuangan, sumber daya Sosok, penelitian dan pengembangan dan lain sebagainya.

Tamat pada akhirnya Elemen internal terbentuk menjadi strength dan weakness, penjelasannya sebagai berikut.

Strengths (Kekuatan)

Komponen pertama adalah Strengths atau kekuatan merupakan hal-hal positif yang memang dimiliki oleh Perusahaan. Hal ini berkaitan dengan Keistimewaan kompetitif seperti jumlah aset, pegawai, modal, teknologi, dan lain sebagainya.

Artinya strengths ini adalah kekuatan atau kualitas dari Perusahaan maupun bisnis Anda yang dapat Membangun lebih unggul dari kompetitor.

Silahkan Anda coba seperti Membangun list daftar kekuatan apa saja yang Anda ketahui Buat membedakan kualitas bisnis Anda dengan kompetitor.

Hal ini bertujuan agar Anda Mempunyai Ciri khas tersendiri yang tentu saja berbeda dari kompetitor dengan ide bisnis yang serupa.

Weakness (Kelemahan)

Selanjutnya terdapat komponen Weaknesses yang merupakan sisi negatif didalam Perusahaan. Apa saja sisi negatif tersebut? Sisi negatif tersebut meliputi dari berbagai proses bisnis, jenis material, kualitas SDM, dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga membandingkan kelemahan Perusahaan dengan pesaing yang sesuai dengan bisnis Anda secara internal.

Baca Juga:  Pengertian, Regulasi & Strategi Email Marketing

Pada dasarnya, hal ini sama seperti kekuatan atau Strengths. Selain itu, dalam menganalisa kelemahan diharapkan Buat jujur pada diri sendiri. Mengapa? Karena dengan jujur, Anda akan mengetahui secara keseluruhan apa saja kelemahan yang terdapat di Perusahaan atau bisnis Anda.

Misalnya seperti kekurangan tim teknis yang sangat handal dan lain sebagainya yang tentunya harus mengikuti sesuai dengan perkembangan Era Begitu ini.

Elemen External

Selain terdapat Elemen internal, Analisis SWOT juga tergantung pada Elemen external yang melekat erat dengan kondisi yang terjadi di luar Perusahaan tetapi akan mempengaruhi dalam mengambil keputusan.

Misalnya seperti sosial budaya, politik dan lain-lain Tamat pada akhirnya Elemen external ini berngaruh terhadap terbentuknya opportunity dan threat, simak sebagai berikut.

Opportunities (Kesempatan)

Berikutnya adalah opportunities atau Kesempatan merupakan sebuah Elemen secara external yang tentu saja berpengaruh besar terhadap kesuksesan bisnis Anda.

Misalnya seperti kesempatan promosi, meningkatnya jumlah permintaan, situasi pasar yang Bagus, ekonomi dan lain sebagainya.

Selain daripada itu, Silahkan Anda coba Buat Membangun list program perencanaan dari awal pembuatan bisnis.

Setelah itu, Anda perbarui setiap 3-6 bulan sekali agar Anda Pandai menganalisis program mana yang paling efektif Buat Anda gunakan kedepannya.

Threats (Ancaman)

Terakhir adalah Threats merupakan sebuah ancaman yang nantinya harus dihadapi oleh Perusahaan atau pemilik bisnis Buat menjalankan sebuah rencana ataupun meraih suatu Sasaran.

Misalnya seperti tren pasar yang mulai lemah, perilaku konsumen yang menurunkan permintaan atau bahkan sosial yang Kagak mendukung usaha Anda.

Intinya Elemen apapun itu yang berkaitan dari external akan berpotensi membahayakan masa depan Perusahaan kedepannya.

Strategi Perpaduan SWOT

Berdasarkan analisa, Anda Pandai mengkombinasikan strategi SWOT dari dua point SWOT Buat Pandai menentukan langkah strategi terhadap bisnis Anda, sebagai berikut.

  • Strengths – Opportunities
Baca Juga:  Pengertian, Sejarah, Jenis & Contohnya

Strategi pertama adalah Buat Konsentrasi pada kekuatan dan Kesempatan yang nantinya akan mendapatkan alternatif ofensif dengan menggunakan kekuatan internal dengan tujuan Buat memanfaatkan Kesempatan external.

Konsentrasi terhadap kelemahan dan ancamanan dengan tujuan Buat meraih banyak pilihan defensif dengan memanfaatkan kelemahan internal agar mengurangi ancaman eksternal.

Dengan menggunakan kekuatan internal yang nantinya akan mengurangi ancaman dari external.

Ketika Anda Konsentrasi terhadap kelemahan dan Kesempatan, dengan begitu nantinya Anda Pandai menopang kelemahan dari sisi internal dengan tujuan Buat mengambil keuntungan dari kesempatan dari sisi eksternal.

Penerapan Analisis SWOT

Dengan Anda menggunakan Analisis SWOT, sebenarnya Pandai menjadi salah satu langkah yang Betul Buat melakukan analisis terhadap bisnis maupun produk yang terdapat di Perusahaan Anda.

Jadi, dengan melalui SWOT, Pandai diketahui hasilnya. Maka, Perusahaan dapat mengetahui secara lanjut mengenai kekuatan, kelemahan, mengenai produk.

Begitupun dengan Anda, Anda pun Pandai mengetahui kelemahan, kekuatan yang terdapat pada bisnis Anda nantinya.

Selain itu, Anda pun Pandai meminimalisir kelelemahan tersebut menjadi sebuah kekuatan yang sempurna. Kagak Tamat disitu saja, Anda pun Pandai mengetahui Kesempatan yang bagus Buat Perusahaan maupun bisnis Buat kedepannya.

Dan Anda Pandai mengetahui apa saja yang nantinya mengancam pemasaran produk serta Pandai dihindari ataupun diatasi oleh Anda nantinya.

Baca Juga : Tantangan Memulai Bisnis E-Commerce & Langkah Mengatasinya

Hasil

Hasil pada ulasan kali ini adalah analisis SWOT sangat diperlukan Buat pengembangan bisnis karena Pandai mengalisa secara keseluruhan dari kekuatan, kelemahan, Kesempatan Tamat dengan ancaman yang tentunya sangat Berfaedah Buat perkembangan bisnis di masa yang akan datang.

Jadi seperti itulah pembahasan mengenai apa itu analisis SWOT, manfaat, fungsi, tujuan Tamat dengan strategi yang harus dilakukan. Semoga bermanfaat 🙂