Akademi Manajemen Informatika

Majapahit Teknologi – Sebenarnya banyak sekali metode lain Demi teknik digital marketing demi meningkatkan traffic atau kunjungan kedalam website dari hasil pencarian. Metode tersebut ialah dengan menggunakan Search Engine Marketing (SEM). Lewat, apa itu search engine marketing (SEM)? Mari kita simak Berbarengan-sama.

Tentu saja bagi para pelaku bisnis di bidang digital, istilah SEO atau SEM mungkin Enggak asing Tengah, karena mereka sudah sering menggunakan metode tersebut.

Apa Itu Search Engine Marketing (SEM)

Pengertian Search Engine Marketing (SEM) merupakan salah satu strategi digital marketing, sama seperti SEO, SEM Mempunyai tujuan Demi menghadirkan website Anda di urutan paling teratas pada hasil pencarian mesin pencari.

Tetapi, hal tersebut dengan catatan, Anda harus bersedia mengeluarkan biaya yang telah ditentukan oleh Anda, mengapa ? Karena website Anda nantinya dianggap sebagai iklan (Ads).

Oleh karena itu, orang-orang sering menyebutnya dengan istilah SEM sebagai paid search Ads, pay per-click (PPC), Cost Per Click (CPM dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang belum paham mengenai SEO, Anda Bisa membaca SEO secara detail di Rendah ini.

Baca : Pengertian SEO & Langkah Kerjanya

apa itu SEM dan cara kerjanya

Mengapa Harus Menggunakan SEM ?

Walaupun Anda mengandalkan berbagai Teknik SEO Demi mengoptimalkan website di hasil pencarian organic, Anda juga harus mempertimbangkan Demi menggunakan SEM, mengapa ? Simak alasannya sebagai berikut.

SEM Dapat Menentukan Sasaran Audiens

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan ketimbang SEO adalah Anda dapat menentukan Sasaran secara spesifik dengan menggunakan SEM.

Baca Juga:  Teknik Digital Marketing Terbaru & Manjur 100% Tahun 2022

Menentukan Sasaran audiens yang seperti apa ? Ya, Anda Bisa memilih Ciri tertentu yang dapat Memperhatikan iklan Anda.

Ciri tersebut dimulai dari usia, jenis kelamin, ketertarikan, Tamat dengan Letak Bisa Anda tentukan hanya dengan menggunakan SEM.

Enggak Harus Mengeluarkan Banyak Biaya Demi Memulainya

Pada dasarnya ketika Anda menggunakan SEM, Anda harus memerlukan biaya, Tetapi biaya tersebut Enggak harus dengan budget yang besar Demi dapat memulainya.

Hal ini di karenakan, Anda dapat menentukan sendiri besarnya budget yang akan dikeluarkan Demi SEM nantinya, dimulai dari ratusan ribu atau bahkan Tamat dengan puluhan juta rupiah.

Meningkatkan Conversion Rate

Dalih berikutnya adalah dengan menggunakan SEM, Anda dapat meningkatkan conversion rate pada website. Selain daripada itu, Anda juga Bisa memanfaatkan sejumlah kata kunci dengan search intent pembelian yang digunakan Demi website Anda nantinya.

SEM lebih Segera Dibandingkan dengan SEO

Ketika Anda baru saja menggunakan website Demi meningkatkan penjualan. Admin menyarankan Demi menggunakan SEM, mengapa ? Karena hasil SEM dapat Anda rasakan lebih Segera dibandingkan dengan SEO yang membutuhkan waktu dengan cukup lelet.

Selain itu, hal ini juga dapat membantu website agar muncul dalam hasil pencarian dengan lebih Segera.

Manfaat SEM

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan SEM Demi mengoptimalkan bisnis pada website Anda, simak sebagai berikut.

Baca Juga:  Pengertian, Sejarah & Manfaat Buat Bisnis Anda

Dapat Meningkatkan Brand Awareness

Ketika Anda menggunakan SEM, website yang sedang Anda kelola akan muncul pada bagian teratas di hasil mesin pencarian. Oleh karena itu, secara Enggak langsung, bisnis Anda muncul di hadapan banyak orang, begitupun dengan calon pembeli produk atau jasa Anda.

Jumlah Trafik Meningkat

Orang-orang yang tertarik dengan iklan Anda sudah dipastikan akan mengklik dan langsung di arahkan kedalam website bisnis Anda. Dengan begitu, traffic atau kunjungan website pun tentu semakin meningkat.

Penjualan Semakin Meningkat

Semakin banyaknya orang yang Memperhatikan iklan Anda, tentu saja semakin besar juga kemungkinan Demi meraih penjualan bisnis Anda.

Manfaat SEM
Ilustrasi Google Analytics

Langkah Kerja SEM

Apabila Anda Mempunyai bisnis Jasa, misalnya seperti jasa pembuatan aplikasi, website, digital marketing dan lain sebagainya.

Dan jasa tersebut akan Anda iklankan melalui layanan Google Ads, dengan keyword yang sudah ditentukan oleh Anda.
Pastinya, banyak sekali diluar sana pesaing yang juga menampilkan jasa yang sama dengan keyword yang Enggak jauh bedanya dengan yang Anda targetkan.

Oleh karena itu, SEM menggunakan system lelang atau bid. Terdapat beberapa kriteria tertentu yang besar kemungkinan iklan Anda muncul di keyword tertentu yang sudah di targetkan.

Berikut adalah beberapa kriteria yang harus Anda perhatikan, sebagai berikut.

  • Quality Score = Berfungsi Demi mengukur seberapa besar kualitas iklan yang Anda tampilkan. Hal tersebut dilihat dari seberapa berkualitasnya potensi klik dan relevan iklan dengan keyword yang Anda tentukan.
  • Max CPC Bid = Maksimal biaya yang Anda keluarkan Demi setiap iklan yang di klik.
  • Ad Rank = ialah suatu peringkat yang diberikan oleh platform seperti Google Ads Demi iklan Anda. Ad rank Bisa di raih dengan semakin tingginya Max CPC Bid & Quality Score.
Baca Juga:  Strategi Data driven Content yang Efektif dan Studi Kasusnya

Semakin tinggi seluruh kriteria diatas, maka semakin tinggi pula iklan Anda Demi muncul dengan rank terbaik. Dengan kata lain, iklan Anda Mempunyai Kesempatan Demi tampil lebih tinggi Apabila Anda Mempunyai budget yang besar serta iklan yang Anda tampilkan sudah relevan dengan keyword yang di targetkan.

Apakah Wajib Menggunakan SEM ?

Jawaban terbaik Demi menjawab pertanyaan ini adalah diri Anda sendiri, mengapa ? karena Anda sendiri yang paham betul mengenai kebutuhan bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan apakah website bisnis Anda cukup menggunakan SEO atau harus juga menggunakan SEM?

Baca Juga : Apa Itu Media Sosial dan Manfaat Demi Bisnis

Konklusi

Jadi, seperti itulah ulasan mengenai apa itu SEM yang dapat membantu website bisnis Anda lebih optimal pada hasil mesin pencarian melalui iklan berbayar seperti platform Google Ads dan lain sebagainya. So, Anda lebih memilih Demi menggunakan SEO atau SEM ? Atau bahkan keduanya secara sekaligus ?