Dalam suatu perusahaan industri skala besar, biasanya Mempunyai rentetan posisi jabatan yang cukup lengkap. Umumnya sebuah posisi pekerjaan di perusahaan industri akan dibedakan menjadi 2 yakni manajemen produksi dan manajemen office. Salah satu posisi yang cukup Krusial adalah Quality Assurance.
Quality Assurance Mempunyai Definisi sebagai penjaminan kualitas. Barang atau jasa yang diproduksi sebelum dikirimkan kepada pembeli perlu dicek terlebih dahulu kualitas dan mutunya. Pengecekan produk tersebut dilakukan oleh seorang tenaga berpengalaman dengan posisi Quality Assurance.
Apa Itu Quality Assurance (QA)?
Secara istilah, Quality Assurance merupakan bagian pekerjaan di perusahaan industri Demi memastikan kualitas produk barang/jasa sebelum disalurkan kepada customer sesuai dengan standar yang ditetapkan. Seorang Quality Assurance tak hanya sekedar mengecek secara fisik produk saja, tetapi juga melakukan perhitungan yang Cocok sesuai order customer.
Sehingga Demi menjadi seorang Quality Assurance, anda harus mahir dalam identifikasi produk, kualitas produk yang layak, serta mahir dalam perhitungan Segera. Tak hanya itu, anda juga perlu penguasaan dalam bahasa Inggris, mengingat banyak istilah asing yang akan anda temui Kalau terjun di dunia Quality Assurance dalam suatu perusahaan.
Tugas dan Tanggung Jawab Quality Assurance
Seseorang yang menduduki posisi QA atau Quality Assurance pastinya harus melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan Bagus. Adapun tugas utamanya adalah memeriksa kualitas produk, menguji coba kelayakan, hingga memberikan saran mengenai produk barang/jasa yang telah dihasilkan perusahaan.
Tetapi hal tersebut Tetap dikatakan adalah tugas Quality Assurance secara Lumrah. Adapula tanggung jawab Quality Assurance lainnya yang harus dilakukan menyesuaikan apa yang sedang dibutuhkan perusahaan. Beberapa tugas serta tanggung jawab Quality Assurance adalah:
- Pembuatan draf standard Quality Assurance Demi diinpretasikan dan diimplementasikan.
- Proses mengevaluasi regulasi Lamban dan yang baru Demi penyesuaian protokol Quality Assurance apakah sudah sesuai dengan syarat atau belum.
- Menjamin dan memastikan kualitas produk barang/jasa setelah proses pengeditan dan proses uji coba.
- Melakukan proses pencatatan hasil pengauditan dan statistik data produk.
- Mengembangkan keahlian dalam penjaminan kualitas produk melalui pelatihan-pelatihan terkait.
- Selalu mengendalikan mutu produk secara korektif dan preventif.
Manfaat Quality Assurance
Pekerjaan menjadi seorang Quality Assurance hendaknya harus mengandung manfaat yang Bagus bagi keberlangsungan produksi barang/jasa di perusahaan. Quality Assurance diharapkan Pandai memberikan manfaat dalam meningkatkan kualitas produk setelah proses produksi. Tak hanya itu, QA Bermanfaat Demi meminimalisir kerugian akibat produk gagal.
Demi pemaparan mengenai manfaat Quality Assurance secara rinci, anda Dapat ketahui sebagai berikut :
- Pandai meningkatkan efisiensi waktu kerja.
- Minim biaya dalam proses penjaminan kualitas produk.
- Pandai meningkatkan customer trust.
- Memperbaiki nama Bagus dan reputasi perusahaan.
- Terjadinya peningkatan kualitas produk yang konsisten dari waktu ke waktu.
Skill dan Kualifikasi Quality Assurance
Quality Assurance Dapat dikatakan sebagai pekerjaan yang tak mudah. Anda harus dituntut Demi cermat dan teliti Demi menjamin kualitas produk. Kalau Eksis produk yang kurang sesuai dengan standar, anda harus mengevaluasinya dengan tim produksi Tengah. Serangkaian proses penjaminan kualitas inilah yang mana perlu skill dan kualifikasi tertentu.
Umumnya, para Quality Assurance harus Mempunyai pengalaman terutama di bidang industri produk atau pendidikan yang terkait dengan hal tersebut. Beberapa skill lainnya yang juga diperlukan oleh seorang Quality Assurance diantaranya :
- Paham dalam mengintepretasikan data.
- Pandai memegang manajemen proyek di perusahaan dalam skala yang tinggi.
- Memahami seluruh proses industri secara spesifik.Paham bahwa produk yang dihasilkan perusahaan Pandai memberikan pengaruh terhadap kehidupan Orang atau para pelanggannya.
Jenjang Karier Quality Assurance
Seperti halnya posisi jabatan lainnya di suatu perusahaan, Quality Assurance juga Mempunyai jenjang karier yang bagus. Anda tak serta merta menduduki QA tingkat Rendah yang berhubungan langsung dengan produksi di lapangan saja. Beberapa kedudukan strategis posisi Quality Assurance diantaranya :
Product Manager
Posisi sebagai product manager berarti anda sudah paham betul dan bahkan menguasai seluk beluk dunia Quality Assurance. Dimana pekerjaan product manager utamanya adalah proses penganalisisan, pengauditan, hingga memberikan saran dan solusi terhadap produk.
Customer Experience Leader
Saking seringnya melakukan problem solving sebagai Quality Assurance, anda Dapat menjadi seorang customer experience leader. Posisi ini, anda akan memprioritaskan kepuasan pelanggan terhadap produk yang dihasilkan perusahaan.
IT Management
Dalam dunia IT, Quality Assurance juga sangat dibutuhkan. Quality Assurance diperlukan Demi meningkatkan kualitas sumber daya dalam penjaminan kualitas produk. Quality Assurance Dapat menyalurkan pengalaman dan keahliannya melalui training-training seputar Quality Assurance dalam manajemennya.
DevOps
Salah satu jenjang karir dalam Quality Assurance adalah menjadi DevOps. Sebelum produk barang/jasa yang akan anda rilis kepada konsumen, anda perlu menguji dan menentukan kualitasnya terlebih dahulu. Bedanya, seorang DevOps harus menguasai bahasa pemrograman dengan Metode-Metode tertentu di bidang IT.
Gaji Quality Assurance
Mengenai gaji seorang Quality Assurance di suatu perusahaan Dapat Berbagai Ragam sesuai dengan kebijakan daerah atau perusahaannya sendiri. Tetapi secara Lumrah, pekerjaan Quality Assurance Dapat digaji Sekeliling 3 juta hingga 8 juta rupiah dalam level awal. Kalau sudah berpengalaman, anda Dapat memperoleh 8 juta Tamat 15 juta, bahkan lebih.
Penutup
Di Majapahit Teknologi Nusantara, kami berkomitmen Demi memberikan solusi IT berkualitas tinggi, dengan spesialisasi dalam pengembangan aplikasi dan website. Komitmen kami terhadap kualitas tercermin dalam pendekatan ketat kami terhadap Quality Assurance. Kami mengutamakan trial and error Demi memastikan setiap solusi perangkat lunak memenuhi standar tertinggi.
Sebagai Konklusi, Quality Assurance memegang peranan Krusial dalam memastikan bahwa produk dan layanan perusahaan memenuhi Cita-cita pelanggan serta standar industri. Menjadi seorang profesional Quality Assurance yang sukses memerlukan ketelitian dan perhatian terhadap detail.
Disiplin ini Enggak hanya meningkatkan keandalan produk tetapi juga meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menjamin bahwa produk akhir sesuai dengan standar kualitas tertinggi. Di Majapahit Teknologi, kami Lanjut berusaha Demi meraih kesempurnaan dalam memberikan solusi perangkat lunak yang dapat bekerja dengan Bagus, memenuhi kebutuhan bisnis dan penggunanya.